Home > Liga Inggris

Sofyan, Sang Penakluk Mbappe di Lini Tengah MU

Manchester United membutuhkan pemain yang bisa menggantikan Casemiro.
Sofyan Amrabat (Instagram/Sofyan Amrabat)
Sofyan Amrabat (Instagram/Sofyan Amrabat)

KARTUMERAH -- Manchester United meminjam Sofyan Amrabat dari Fiorentina di detik-detik terakhir penutupan jendela transfer musim panas ini. Kehadiran ‘Sang Penakluk’ Kylian Mbappe ini akan mewarnai lini tengah MU yang malam ini bertandang menghadapi tuan rumah Arsenal di pentas Liga Primer Inggris.

Nama Amrabat menjadi incaran setelah tampil gemilang membawa Maroko melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Gelandang bertahan berusia 27 tahun ini sedang memasuki puncak kariernya dan baru saja menjalani musim terbaiknya.

Mantan pemain Hellas Verona ini memiliki kemampuan yang hampir lengkap untuk pemain nomor 6. Jika menyaksikan penampilannya bersama klub Fiorentina dan Timnas Maroko, Anda akan mendapat gambaran lengkap tentang sosok Sofyan Amrabat: ‘’Seorang pemain yang dapat melakukan segala hal yang diperlukan untuk bermain di lini tengah di level atas’’.

Timnas Maroko
Piala Dunia Qatar 2022 menjadi bukti kualitas Amrabat dalam menjaga lini tengah Maroko. Dia terus berlari mengelilingi lapangan dengan intensitas tinggi sehingga membuat lini tengah lawan paling mapan pun kehilangan keseimbangan.

ESPN mencatat Amrabat menempuh jarak paling jauh di Piala Dunia 2022 dengan jarak 81,4 kilometer. Ia memainkan tujuh pertandingan penuh hingga Atlas Lions finis di urutan keempat.

Amrabat sangat efektif dalam bertahan dengan mencatatkan 22 tekel-intersep dan 10 sapuan. Dia menduduki peringkat kelima di turnamen untuk torehan tekel-intersep setelah Aurelien Tchouameni (Prancis/25), Enzo Fernandez (Argentina/25), Luka Modric (Kroasia/27), dan Mateo Kovacic (Kroasi/28).

Timnas Maroko memeragakan permainan intensitas tinggi dengan memperketat ruang antar lini, memaksa bola-bola lepas dan kemudian memburunya dengan determinasi menakutkan. Dan, Amrabat menjadi ruh yang mengatur permainan tersebut.

Skuad Fiorentina
Bersama Si Ungu, kualitas penguasaan bolanya yang paling menonjol. Amrabat mendominasi penguasaan bola dengan mencatatkan 73,9 sentuhan per 90 menit --peringkat kelima di antara gelandang yang bermain setengah musim atau lebih.

Dalam perjalanan Fiorentina ke final Liga Konferensi Eropa UEFA, Amrabat menyelesaikan operan terbanyak (845) dan menggiring bola sejauh 2,1 kilometer. Ia rata-rata memberikan 7,93 umpan matang per 90 menit di pentas Serie A Italia.

Bagi klubnya Fiorentina, Amrabat memberi rasa aman bagi pertahanan tim berjuluk La Viola tersebut. Dia secara senang hati turun untuk membantu pertahanan sehingga menciptakan garis pertahanan tiga bek.

Lini Tengah MU
Pada musim 2022-2023, Manchester United membutuhkan pemain yang bisa menggantikan Casemiro. Maklum, mantan gelandang Real Madrid asal Brasil itu sering melewatkan sebagian pertandingan karena sanksi skorsing.

Amrabat merupakan pilihan tepat dimana ia mampu menerima bola di bawah tekanan. Ia memiliki tekel keras dan keras kepala yang dapat menentukan jalannya pertandingan. Dan pelatih MU, Erik Ten Hag, pun sudah pernah bekerja sama ketika keduanya membela Utrecht pada musim 2015-2017.

Amrabat telah menjadi sorotan di Piala dunia 2022. Tapi, memang tekel kerasnya terhadap Kylian Mbappe (Prancis) di babak semifinal yang benar-benar membuatnya menjadi sorotan.

Dan, MU butuh ‘Sang Penakluk’ Klylian Mbappe untuk membuat lini tengahnya lebih berwarna. Who knows? Kita tunggu saja.

× Image